RSS

About Cin(t)a

Well, hari ini (15/9) akhirnya gw nonton Cin(t)a. Sebenernya gw ga mau nonton film itu untuk beberapa alasan.
  1. Pemutaran filmnya tu malem banget, jam 20.00. Lah, gw pulangnya bisa over kemaleman kalo kayak gitu.
  2. Film itu mengangkat tema perbedaan agama, dan gw ga suka film kayak gitu.
  3. Filmnya melaw-mellow. Mungkin karena yang ada di otak gw genre film itu drama & biasanya genre itu selalu diwarnai air mata yang membuat gw eneg!
Tapi akhirnya dengan paksaan teman-teman gw akhirnya gw nonton Cin(t)a. Alhasil gw pulang jam 22.50 dan nyokap gw melancarkan jurus marahnya yang terkenal "diem". Jurus yang dengan sukses membuat orang ngerasa ga enak dan serba salah.But after all, the movie was good (****). Ada beberapa hal yang pengen gw ulas soal film itu.
  1. gw salut sama yang buat film itu karena bikin film indie itu ga segampang yang gw bayangin. Prosesnya panjang & ribet (yang kebayang di otak gw). gw juga suka banget ama ide ceritanya. Itu luar biasa okenya. Mengangkat perbedaan agama sebagai alasan untuk perang, bener-bener menyuarakan perdamaian (itu salah satu pesan moral yang gw dapet). Dan film ini cukup menyuarakan sikap-sikap ga netral yang diperoleh kaum minor. Semoga aja film ini bisa membuka mata kita atas ketidakadilan yang terjadi di sekitar kita. Selain itu, film ini juga mengajak kita (secara ga langsung) untuk menepikan perbedaan yang ada diantara kita dan bersatu.
  2. gw agak lost dalam alur ceritanya dan menebak-nebak karena ceritanya kurang detail. Yang menjadi pertanyaan besar buat gw, apa yang membuat Cina tiba-tiba berubah? Pemicunya ga cukup jelas & membuat gw bingung. Mungkin dia kecewa karena gereja-gereja di bom, tapi untuk tipe orang yang berserah sama Tuhan kayaknya itu kurang kuat.
  3. Kenapa tokoh ceweknya terlihat ga mau memperjuangkan banget sih?! Orang si cowo udah oke, eh dia malah diem. Dia terlalu pasrah. Kalo emang dia mau dan memperjuangkan apa yang dia inginkan, pasti ada jalan keluarnya.
  4. Koq gw ngerasa akhirnya gantung ya? Ato karena gw mengharapkan happy ending?

0 comments:

Post a Comment